Resi Pengiriman

Untuk informasi produk dan harga yang lebih lengkap silahkan kunjungi website kami yang baru, Visit: www.ayunantali.com Terima kasih.

Profil Desa Tambakjati

Kondisi Sarana dan Prasarana  
Desa Tambakjati terletak di kecamatan Patokbeusi kabupaten Subang, Jawa Barat. Desa ini terdiri dari 8 dusun, yakni dusun Tegal Koneng 1, dusun Tegal Koneng 2, dusun Sukamantri Selatan, dusun Sukamantri Utara, dusun Pasir Konci, dusun Kedung Leoh, dusun Rawa Kepuh dan Dusun Pasir Konci. Setiap dusun memiliki masjid sebagai sarana ibadah dan terdapat 6 Sekolah Dasar serta 3 Taman Kanak-Kanak. Desa Tambakjati memiliki sekolah formal keagamaan, 2 sekolah Raudathul Athfal dan 3 sekolah Ibtidayah. Desa Tambakjati memiliki 8 masjid dimana setiap dusun masing-masing memiliki satu buah masjid.
Ambulance desa
 Aspek prasana dan sarana kesehatan di Desa Tambakjati sendiri cukup baik dimana terdapat 8 Posyandu, 1 Poslindes, 2 klinik dan 3 ambulance yang bisa digunakan untuk mengantar warga yang sedang sakit.
KLINIK HM
Petani Dsn. Sengon
Desa Tambakjati terletak di kecamatan Patokbeusi kabupaten Subang, Jawa Barat. Desa ini terdiri dari 8 dusun, yakni dusun Tegal Koneng 1, dusun Tegal Koneng 2, dusun Sukamantri Selatan, dusun Sukamantri Utara, dusun Pasir Konci, dusun Kedung Leoh, dusun Rawa Kepuh dan Dusun Pasir Konci. Setiap dusun memiliki masjid sebagai sarana ibadah dan terdapat 6 Sekolah Dasar serta 3 Taman Kanak-Kanak. Desa Tambakjati memiliki sekolah formal keagamaan, 2 sekolah Raudathul Athfal dan 3 sekolah Ibtidayah. Desa Tambakjati memiliki 8 masjid dimana setiap dusun masing-masing memiliki satu buah masjid.
Ketersediaan air bersih masyarakat desa diperoleh dari sumur pompa yang berjumlah 3000 unit pada tahun 2014. Saat ini sedang berjalan proses pembuatan GOR atau sarana olahraga untuk masyarakat dan saluran irigasi  sebagai salah satu program pembangunan yang dilakukan oleh masyrakat Tambakjati. Pembuatan saluran irigasi air dimaksudkan untuk memperbaiki sanitasi warga dan mengurangi dampak dari curah hujan yang tinggi.
Bpk Darta
Bpk Darta
Masyarakat Tambakjati sebagian besar berprofesi sebagai petani terutama petani padi,  oleh karena itu desa ini memiliki sebuah kelompok pertanian yang dinamakan “GAPOK TANI” (Gabungan Kelompok Tani) yang merupakan penghasil benih padi di Desa Tambakjati. Petani diberikan pelatihan untuk mengolah benih padi sebagai sumber pencarian masyarakat selain menanam padi.
Gapok Tani di Dusun Sukamantri Utara
Kondisi Tataguna Lahan
Desa Tambakjati memiliki batas wilayah di sebelah utara Desa Sukahaji, sebelah selatan Desa jatiragas Hilir, sebelah timur Desa Gempol Sari dan sebelahg barat Kabupaten Karawang dengan luas pemukiman 112. 88 ha/m2, luas persawahan 682 ha/m2, luas perkebunan 33 ha/m2 dan perkantoran 3.500 m2 berdasarkan data 2014.  Jumlah hujan bulan di Desa Tambakjati adalah 5 bulan. Desa Tambakjati terdiri dari dataran rendah dengan luas 888,98 ha/m2. 
Berikut adalah tabel penggunaan lahan di Desa Tambakjati ; 

Luas Wilayah Menurut Penggunaan
Luas Pemukiman 112.88 ha/m2
Luas Persawahan 682 ha/m2
Luas Perkebunan 33 ha/m2
Luas Kuburan 8 ha/m2
Luas Pekarangan 7.6 ha/m2
Luas Taman -
Perkantoran 3.500 /m2
Total 846.98
Tanah Sawah
Sawah irigasi Teknis 6.82 ha/m2
Total 6.82 ha/m2

Tanah Kering
Tegal/Ladang 112.88 ha/m2
Total 112.88 ha/ m2

Tanah Fasilitas Umum
Perkantoran pemerintah 3.500 ha/m2
Tempat pemakaman desa / umum 8 ha/m2
Bangunan sekolah / Perguruan Tinggi 2.5 ha/m2
Pertokoan 10.000 ha/m2
Usaha Perikanan 20 ha/m2
Total 13.530,5 ha/m2
 Sebagian besar masyarakat memiliki tanah persawahan dan perkebunan kecil sebagai mata pencaharian. Tanah bengkok  merupakan tanah yang menjadi upeti bagi perangkat desa terutama  sekretaris  desa  dan  kepala  desa.  Tanah  ini  bebas  digunakan  oleh perangkat  desa  untuk  apapun.   Selain  itu,  tanah  titi  sara  adalah  tanah  yang  dimiliki  oleh  pemerintah atau negara. Dalam prakteknya boleh digunakan oleh warga walaupun hanya sekedar mengambil kayu bakar dan yang tidak besar.

Pola Pemukiman 
            Pola pemukiman dari Desa Tambakjati adalah pola pemukiman mengelompok dimana masyarakat tinggal disuatu daerah tertentu secara berkelompok. Masyarakat  desa tinggal didaerah dataran rendah, ketersediaan air masyarakat berasal dari air tanah dan sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani padi. Walaupun curah hujan rendah ketersediaan air di Desa Tambakjati cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pertanian.  Dari 8 dusun yang ada di Desa Tambakjati sebagian besar lahan yang digunakan masyarakat dimanfaatkan untuk pertanian. Desa Tambakjati memiliki aliran sungai yang melewati beberapa dusun selain itu karna pola tanah yang dataran rendah maka cuaca di Desa Tambakjati cukup tinggi.  Tanah yang dimiliki Desa Tambakjati cukup subur sehingga cocok untuk pertanian padi dan kacang-kacangan.
Peta Desa Tambakjati

 Peta diatas merupakan gambaran pembagian dusun yanga ada di Desa Tambakjati yang sebagian besar luas wilayah merupakan lahan pertanian. Dalam peta terdapat dataran berwana orange  yang merupakan pemukiman masyarakat dan dataran berwarna hijau merupakan lahan pertanian.
Berikut gambaran singkat tentang kondisi fisik, sarana dan prasarana, serta  kependudukan di Desa Tambakjati dalam bentuk tabel :
No Aspek Jumlah Keterangan
1 2
























3.







4.
Jumlah Dusun Fisik
a.Luas pemukiman
b.Luas persawahan
c.Luas perkebunan
d.Luas kuburan
e.Luas pekarangan
f.Perkantoran
g. Luas  dataran rendah
h. jarak lokasi ke Ibu kota kecamatan
i. jarak lokasi ke Ibu kota propinsi
h. jarak tempuh ke ibu kota dengan kendaraan bermotor
PENDIDIKAN
TK
SD/Sederajat
Raudhatul Athfal
Ibtidayah
KESEHATAN
Posyandu
Poslindes
Klinik
Ambulance

Kependudukan
Jumlah penduduk (orang)
Laki-laki
Perempuan
Jumlah kepala keluarga
Jumlah kepala keluarga perempuan

Mata Pencaharian Pokok
Petani
Buruh Tani
PNS
Pedagang keliling
Peternak
Perikanan
Montir
Dokter
Bidan
TNI/POLRI
Pensiunan PNS / TNI/ POLRI
Pengusaha Kecil dan Menengah
9 Dusun
112.88
682
33
8
7.6
3500
888,98
8,45

120

½


3
6
2
3

8
1
2
3


12221
6009
6212
3131
822



2484
2314
28
335
190
10
5
2
3
5
6

221
 



Dalam satuan Hektare



Kilometer

Kilometer

Jam



Buah

Kondisi Demografi
Desa Tambakjati terdiri dari 8 dusun yaitu Dusun Tegal Koneng I, Dusun Tegal Koneng II, Dusun Sukamantri Selatan, Dusun Sukamantri Utara, Dusun Sengon, Dusun Kedung Leoh, Dusun Rawakepuh dan Dusun Pasirkonci. Jumlah Penduduk di Desa Tambakjati berjumlah 12.221 jiwa, terdiri dari 6009 penduduk laki-laki dan 6212 penduduk perempuan. Jumlah Kepala Keluarga di Desa Tambakjati adalah 3131.

Tabel 1. Mata Pencaharian Masyarakat Desa Tambakjati

No Mata Pencaharian Jumlah (orang)

1 Petani 2484
2 Buruh tani 2214
3 Pegawai negeri sipil 28
4 Pedagang keliling 335
5 Peternak 190
6 Perikanan 10
7 Montir 5
8 Dokter 2
9 Bidan 3
10 Pembantu rumah tangga 716
11 TNI/POLRI 5
12 Pensiunan PNS/TNI/POLRI 6
13 Pengusaha kecil dan menengah 221
Tabel 2. Jumlah penduduk berdasarkan tingkat pendidikan
No. Status Jumlah (orang)
1 Usia 7-18 tahun sedang sekolah 952 orang
2 Usia 7-18 tahun tidak pernah sekolah 121 orang
3 Usia 18-56 tahun tidak pernah sekolah 238 orang
4 Usia 18-56 tahun pernah SD tetapi tidak tamat 99 orang
5 Tamat SD/sederajat 154 orang
6 Tamat SMP/sederajat 161 orang
7 Usia 12-56 tahun tidak tamat SLTP 503 orang
8 Usia 18-56 tahun tidak tamat SLTA 328 orang
9 Tamat SMP/sederajat 143 orang
10 Tamat SMA/sederajat 39 orang
11 Tamat D-1/sederajat 8 orang
12 Tamat S-1/sederajat 46 orang
Kondisi Aksesibilitas Wilayah 
Desa Tambakjati memiliki luas wilayah kurang lebih 888.000 hektar. Desa Tambakjati memiliki batas wilayah administratif sebagai berikut:
Sebelah Utara              : Desa Sukahaji
Sebelah Timur             : Desa Gempolsari
Sebelah Selatan           : Desa Jatiragas Hilir
Sebelah Barat              : Kabupaten Karawang
Jarak tempuh Desa kepada Ibu Kota Provinsi yakni ±120 km, jarak tempuh kepada Ibu Kota Kabupaten sejauh ±85 km, dan Ibu Kota Kecamatan sejauh ±8,45 km dengan kondisi jalan Desa yang sudah dicor semen dan di beberapa lokasi jalannya berbatu serta berpasir.
Aspek hidrologi suatu wilayah desa sangat diperlukan dalam pengendalian dan pengaturan tata air wilayah desa. Berdasarkan hidrologinya, sumber air untuk kebutuhan sehari-hari di Desa Tambakjati berasal dari air tanah, sedangkan sumber air untuk pertanian berasal dari irigasi yang terdapat di sepanjang jalan desa. Walaupun kondisi cuaca di Desa Tambakjati cenderung panas dan jarang hujan tetapi ketersediaan air tetap mencukupi kebutuhan sehari-hari masyarakat dan pertanian membentuk pola daerah aliran sungai, yaitu pola aliran sungai paralel. Selain itu ada pula mata air yang dianggap keramat karena bertepatan berada di lokasi keramat makam leluhur desa serta mata air tersebut bisa digunakan sebagai sumber air untuk pertanian dan kebutuhan penduduk sehari-hari.
Secara umum akhir-akhir ini terjadi penurunan kualitas curah hujan dan jumlah hujan, dibanding dengan keadaan selama bertahun-tahun sebelumnya, hal ini dapat menjadi sangat berpengaruh terhadap sumber mata air yang menjadi sumber kehidupan masyarakat penggarap sawah.
Gambaran Umum Aktivitas Masyarakat Desa Tambakjati
            Masyarakat Desa Tambakjati mayoritas bekerja sebagai petani didukung dengan lahan pertanian yang cukup luas. Hasil dari pertanian padi pada khususnya dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan sebagian lagi diperjual-belikan.
            Kegiatan politik lokal yang dilakukan masyarakat Desa Tambakjati  tidak mendominasi dikarenakan tidak ada pemilihan umum pada saat kami melakukan kegiatan KKNM dan kegiatan organisasi masyarakat yang bersifat politik tidak terlihat aktivitasnya. Kegiatan politik di Desa Tambakjati tidak mendominasi dikarenakan kegiatan pertanian masyarakat menjadi fokus utama dari aktivitas sehari-hari masyarakat. Selain itu kegiatan masyarakat didominasi oleh acara-acara keagamaan dikarenakan penganut agama Islam mencapai 100  %  (sumber : profil desa tahun 2014).
            Kebiasaan masyarakat yang mayoritas muslim seperti pada umumnya : mauludan, Idul Adha, Idul Fitri, pangaosan bulanan, dan lain-lain. Selain kebiasaan ritual keagamaan, terdapat pula ritual kebudayaan yang masih mengakar di masyarakat seperti Hajat Bumi, 1 Muharrom, Hari Jadi Desa Tambakjati, Ziarah Maqam Karuhun Desa.
Gambaran Kelembagaan/Pranata di Desa Tambakjati
Desa Tambakjati memiliki 8 Dusun : Dusun Tegal Koneng 1, Tegal Koneng 2, Sukamantri Utara, Sukamantri Selatan, Sengon, Rawa Kepuh, Pasir Konci dan Kedung Leoh. Setiap kampung dikepalai oleh seorang Kepala Dusun atau masyarakat menyebutnya Wakil (Kepala Dusun).
Desa Tambakjati  memiliki karakteristik sebagai desa moderen dikarenakan kegiatan dan aktivitas mayarakat sebagian besar sudah menggunakan teknologi moderen. Pemerintah Desa Tambakjati saat ini dikepalai oleh Bapak Sujai Aliyudin yang terpilih secara demokratis. Sedangkan para aparatur desa seperti Kepala Kepala Urusan dan MUD ditunjuk langsung oleh Kepala Desa, tentunya melalui musyawarah dengan perangkat dan tokoh desa lainnya.

Related Posts:

0 Response to "Profil Desa Tambakjati"

Posting Komentar